Deskripsi

SD Al Furqan berdiri pada tanggal 3 Januari 1972 sebagai kelanjutan dari TK Al Furqan yang telah berdiri dua tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun awal, SD Al-Furqan masih belum memiliki gedung sendiri sehingga menumpang di TK Al-Furqan yang terletak di jalan Trunojoyo Jember dengan jumlah siswa sebanyak 13 anak. Pelaksanaan pendidikan pada waktu itu hanya didukung dengan inventaris berupa 10 stel bangku dan 1 papan tulis. Proses pembelajaran dilaksanakan oleh seorang guru yang merangkap kepala sekolah. Bertolak dari kondisi tersebut yayasan berupaya untuk meminjam bangunan berupa rumah di jalan Untung Suropati yang kemudian berpindah di jalan Dewi Sartika setelah bangunan semula diminta kembali oleh pemiliknya. Namun berkat kegigihan pengurus yayasan, alhamdulillah pada tanggal 14 Juni 1978 berhasil menempati gedung sendiri yang berupa 6 ruang kelas, 1 ruang kantor, 1 ruang koperasi, 1 ruang koperasi, 1 ruang perpustakaan serta dilengkapi dengan 7 kamar mandi.


Berselang dua tahun kemudian kami memberanikan diri tampil dalam lomba LSS (Lingkungan Sekolah Sehat) dengan meraih juara I Tingkat Pembantu Gubernur dan berhasil sebagai juara II Tingkat Jawa Timur.


Sejak saat itu SD Al-Furqan selalu berperan aktif dalam berbagai lomba dan event penggalangan kerjasama dengan masyarakat sehingga banyak prestasi yang telah dicapai. Dalam rangka mengikuti perkembangan pendidikan, sekolah berupaya meningkatkan kualitas melalui penambahan fasilitas berupa laboratorium, ruang kelas, ruang UKS dan perluasan perpustakaan. Renovasi dan inovasi terus diupayakan sampai akhirnya berkembang seperti keberadaan SD Al-Furqan saat ini.

Visi

Visi SD AL Furqan adalah “Terwujudnya insan kamil yang islami, qur’ani, dan berprestasi”. Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:.

  1. Insan kamil yang islami, membentuk generasi yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia yang memiliki kesadaran menjalankan ibadah serta menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Qur’ani, yaitu mempelajari, memahami dan mengamalkan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  3. Berprestasi, sebagai hasil akhir dalam sebuah proses, prestasi merupakan tolak ukur sebuah proses. Prestasi tak hanya berkisar pada kemampuan kognitif dalam ajang prestatif saja namun lebih pada keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat.

Misi

Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Al Furqan menjabarkan misi sekolah
sebagai berikut:

  1. Membangun lingkungan sekolah yang membentuk peserta didik memiliki akhlak mulia melalui penanaman nilai-nilai aqidah Islamiyah yang kuat sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah serta rutinitas kegiatan keagamaan.
  2. Menumbuhkembangkan kecintaan dan pengamalan Al Quran.
  3. Merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang mampu memotivasi peserta didik untuk selalu belajar dan menemukan pembelajaran.
  4. Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung nilai gotong royong.
  5. Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.
  6. Mengembangkan dan memfasilitasi peningkatan prestasi peserta didik sesuai minat dan bakatnya melalui proses pendampingan dan kerja sama dengan orang tua.

Tujuan

Tujuan yang diharapkan oleh SD Al Furqan dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)

  1. Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
  2. Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.
  3. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek.
  4. Mengoptimalkan sarana prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar.
  5. Menyelenggarakan pembelajaran dan penilaian dengan sistem digitalisasi.
  6. Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
  7. Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah.
  8. Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
  9. Melaksanakan program dan pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
  10. Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
  11. Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.

Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)

  1. Menghasilkan peserta didik yang produktif dalam beramal shaleh dan berbuat
    kebaikan.
  2. Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada iman.
  3. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al Qur’an dengan tartil.
  4. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
  5. Sekolah mampu melaksanakan pembelajaran dan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
  6. Menyelenggarakan sistem informasi Terpadu (SISTER).
  7. Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi daerah.
  8. Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya lokal.
  9. Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.
  10. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkanprestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.

Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)

  1. Sekolah menghasilkan peserta didik yang taat, mampu menegakkan kebenaran, dan
    menunjukkan identitas sebagai seorang muslim.
  2. Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.
  3. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal juz 30 dan juz 29.
  4. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menerjemahkan doa-doa harian dan bacaan sholat.
  5. Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas sekolah.
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar sejati.
  7. Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal.
  8. Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
  9. Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah.
  10. Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang positif.
  11. Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.

Hadi Basuni, S.Pd

Jl. Raden Patah 18 Kepatihan Kaliwates – Jember  

0331 484 292

sdalfurqan@gmail.com

68131

Akreditasi A

754 Siswa