Deskripsi

Pada tahun 1981, Yayasan Al Furqan Jember mendirikan SMP Al Furqan sebagai sekolah swasta di Jember. Awalnya, sekolah ini berlokasi di Jalan Letjen Suprapto VI. Namun, pada tahun 2007, Yayasan Al Furqan Jember memutuskan untuk membuka SMP Al Furqan 2 di Jalan Wahid Hasyim, yang awalnya berbagi bangunan dengan SD Al Furqan. Namun, setahun kemudian, pada tahun 2008, SMP Al Furqan 2 pindah ke lokasi baru di Jalan Trunojoyo.

Pada tahun 2014, SMP Al Furqan 1 di Jalan Letjen Suprapto VI ditutup, dan kedua sekolah, yaitu SMP Al Furqan 1 dan SMP Al Furqan 2, dilebur atau digabung menjadi satu, yaitu SMP Al Furqan yang berlokasi di Jalan Trunojoyo. Dengan perjalanan panjang ini, SMP Al Furqan Jember telah mencapai usia 39 tahun dan telah mendapatkan tempat istimewa di hati masyarakat Jember.

SMP Al Furqan Jember telah mengukir sejumlah prestasi yang membanggakan dan telah berhasil mensejajarkan diri dengan SMP negeri terbaik di kota tersebut. Ini menjadikan sekolah ini menjadi salah satu sekolah swasta terbaik di Jember. Selain fokus pada prestasi akademik, SMP Al Furqan Jember juga berkomitmen kuat dalam menanamkan karakter positif kepada seluruh siswanya. Dengan pendekatan Islami dan berlandaskan pada nilai-nilai Qur’ani, sekolah ini mengembangkan generasi yang berprestasi dan berakhlak mulia.

Dengan usia yang terus bertambah, SMP Al Furqan Jember tetap teguh dalam komitmennya untuk memberikan pendidikan berkualitas dan membentuk pribadi-pribadi yang unggul dalam segala aspek kehidupan. Dengan begitu, SMP Al Furqan Jember menjadi sekolah yang Islami, Qur’ani, dan selalu berprestasi, serta tetap menjadi pilihan yang dihormati dalam dunia pendidikan di Jember.

Visi

Terwujudnya insan yang Islami, Qur’ani, dan Berprestasi”

Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:.

  1. Insan yang islami, membentuk generasi yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia yang memiliki kesadaran menjalankan ibadah serta menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Qur’ani, yaitu mempelajari, memahami dan mengamalkan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  3. Berprestasi, sebagai hasil akhir dalam sebuah proses, prestasi merupakan tolak ukur sebuah proses. Prestasi tak hanya berkisar pada kemampuan kognitif dalam ajang prestatif saja namun lebih pada keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat.

Misi

Dalam upaya  mengimplementasikan visi sekolah, SMP Al Furqan menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:

  1. Membangun lingkungan sekolah yang membentuk Peserta didik dan SDM memiliki akhlak mulia melalui penanaman nilai-nilai  aqidah Islamiyah yang  kuat sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah.
  2. Mewujudkan sumber daya manusia yang beriman, produktif, kreatif, inovatif dan efektif
  3. Menumbuhkembangkan  kecintaan dan  pengamalan Al Quran.
  4. Merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang mampu memotivasi peserta didik untuk selalu belajar.
  5. Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung nilai gotong royong.
  6. Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.
  7. Mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan prestasi dan lulusan yang peduli dengan lingkungan
    1.  

Tujuan

Tujuan yang diharapkan oleh SMP Al Furqan dalam implementasi kurikulum sebagai      bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)

  1. Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
  2. Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.
  3. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek.
  4. Mengoptimalkan    sarana    prasana    sekolah    untuk    menunjang    rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar.
  5. Menyelenggarakan pembelajaran dan penilaian dengan sistem digitalisasi.
  6. Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
  7. Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah.
  8. Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
  9. Melaksanakan program dan pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
  10. Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
  11. Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.

Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)

  1. Menghasilkan peserta didik yang produktif dalam beramal shaleh dan berbuat kebaikan.
  2. Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada iman.
  3. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al Qur’an dengan tartil.
  4. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
  5. Sekolah mampu melaksanakan pembelajaran dan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
  6. Menyelenggarakan sistem informasi Terpadu (SISTER).
  7. Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi daerah.
  8. Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya lokal.
  9. Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.
  10. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.

Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)

  1. Sekolah menghasilkan peserta didik yang taat, mampu menegakkan kebenaran, dan menunjukkan identitas sebagai seorang muslim.
  2. Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.
  3. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal juz 30 dan juz 29.
  4. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menerjemahkan doa-doa harian dan bacaan sholat.
  5. Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas sekolah.
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar sejati.
  7. Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal.
  8. Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
  9. Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah.
  10. Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang positif.
  11. Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.

Indriastutie Setia H., S.Si., M.Si.

Jl. Trunojoyo No.51, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur

0331 484 292

smpalfurqan1981@gmail.com

68131

Akreditasi B

364 Siswa